Wednesday, December 2, 2020

Obat Fermentasi Pakan Ikan Yang Alami

Jangan salah inilah Obat Fermentasi Pakan Ikan yang bisa nada gunakan supaya bisa membantu mempercepat perkembangan ikan yang anda ternakan.

https://obatfermentasipakanikan.blogspot.com/2018/11/obat-fermentasi-pakan-ikan-yang-alami.html
Terjun dalam dunia peternakan apalagi yang di ternakan atau yang di budidayakan adalah ikan , menjadi salah satu peluang besar untuk anda mendapakan untung yang besar. 

Karena cukup dengan bermodalkan ikan dan pakan anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan untung yang besar. 

Dan juga jenis ikan ini sangat beragam bisa di sesuaikan dengan suhu tempat tinggal anda. Karena ikan ini tumbuh dan berkembang nya terpengaruh oleh suhu. 

Seperti yang sudah di sedikit di singgung tadi bahwa modal dari budidaya ikan ini cukup dengan ikan, kolam dan pakan. 

Tahukah anda bahwa salah satu kiat sukses dalam pembudidayaaan atau peternakan ikan ini teletak pada pakan. Umum nya peternak memberikan pakan berupa pelet , memang pelet ini bisa membantu mempercepat tumbuh ikan. 

Akan tetapi jika pakan ikan hanya di beri berupa pelet tanpa campuran organik maka hal itu akan memberikan pengaruh pada daging ikan menjadi kurang bagus. 

Sehingga untuk saat ini para peternak ikan sering memberikan nya pakan fermentasi untuk ikan karena hal itu akan memberikan nutirisi lebih bagi ikan untuk tumbuh dan berkembang 

Manfaat lain jika pemberian fermentasi untuk ikan

  • Lebih hemat dalam pembiayaan dan juga perawatan
  • Air kolam cenderung tidak berbau busuk
  •  Dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ikan
  •  Tidak perlu mengganti air kolam
  • Nilai gizi ikan yang di hasilkan lebih tinggi dan kolesterol nya lebih rendah
  •   Air bekas budidaya ikan organik sangat baik untuk memupuk tanaman

Saat ini banyak peternak atau pembudidaya ikan yang mencoba memanfaatkan kotoran ternak seperti sapi, kambing , ayam dan puyuh untuk di jadikan pelet namun harus ingat kotoran ternak sebagai pakan organik dalam praktek nya bukan berarti langsung di berikan pada ikan. 

Kotoran ternak tersebut harus di proses menjadi semacam pupuk organik yang mana untuk merangsang tumbuh nya pakan alami yang mana berguna untuk pakan dan juga media berkembangan nya mikroorganisme komplek pada kolam.

Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pemanfaatkan kotoran ternak adalah
·         
  • Kotoran ternak yang di gunakan haruslah yang sudah padat dan tidak berbau
  • Kotoran ternak yang digunakan haruslah berasal dari ternak yang di berikan hasil fermentasi.

Di bawah ini beberapa bahan yang dapat di jadikan sebagai pakan fermentasi ikan

·        Kotoran ternak yang bisa di gunakan untuk pupuk setelah mengalami pengomposan yang mata jika di lihat secara fisik berupa warna,rupa tekstur dan kadar air. Sedangkan secara kimia memiliki kandungan 60-70% bahan organik, 2 % zat N, 1 % P205 dan 1 % K20

Jenis kotoran hewan yang dapat di gunakan ialah kotoran sapi, kerbau ,kelinci, ayam , putuh dan kambing jenis kotoran lain yang dapat di gunakan untuk pembuatan pakan ikan organik ialah kotoran ayam yang mengandung protein , karbohidrat , lemak dan senyawa organik lain nya.

·         Ampas tahu
Ampas tahu di gunakan sebagai sumber protein , mengingat kandungan protein dan lemak nya yang tinggi sekitar 8,66 % protein 3,79 % lemak , 51,63% dan 1,21 % abu karena maka sangat baik untuk di jadikan baku pembuatan pakan lele organik. 

·         Dedak / katul
Dedak ialah limbah pengolahan gabah dan tidak dapat di konsumsi manusia sehingga tidak bersaing dalam penggunaan nya kandungan nutrisi dedak yaitu bahan kering 91,0 % , protein kasar 13,5 % lemak kasar 0,6 % , serat kasar 13,6%.

·         Tepung ikan
Tepung ikan ialah iakan atau bagian ikan yang di keringkan dan di giling , manfaat nya utama nya untuk bahan utama campuran pakan ternak. Tepung ikan yang baik harus mempunyai sifat sifat butiran nya seragam, bebas dari sisa tulang , mata ikan dan benda asing lain nya memiliki waran halus bersih , bau khas ikan yang amis. 

·         Tetes tebu/molase
Molase ialah bahan sisa dari proses pembuatan gula , molase juga merupakan sumber energi tetapi kandungan protein nya rendah , molase mengandung 4,2 % , protein kasar7,7% . Molase juga sering di pakai untuk proses fermentasi karena di dalam nya mengandung 1-20 % gula yang mana dapat di manfaatkan untuk pertumbuhan inokulum. 

Salah satu contoh proses pembuatan pakan fermentasi untuk ikan
Siapkan kotoran ternak yaitu bisa kotoran kambing atau kotoran sapi, limbah sayuran berupa dedaunan atau gedebog pisang, ampas tahu sebagai bahan tambahan. Gula pasir yang di cairkan atau di buat dengan caramel lalu di berikan air. Atau bisa dengan penggunaan tetes tebu yaitu limbah dari pembuatan gula.
Siapkan produk SOC  HCS yang berperan sebagai Obat Fermentasi Pakan Ikan yang alami

Jika semua nya sudah siap, siapkan terpal dan plastik, yang berukuran besar untuk proses fermentasi, langkah pertama campurkan larutan SOC dengan larutan gula dengan perbandingan 15 liter berbanding 5 tutup SOC 

Setelah itu aduk kedua larutan tersebut hingga rata dan diamkan beberapa saat, jangan lupa cincang sayur limbah yang telah di sediakan dengan potongan kecil supaya bisa lebih mudah di konsumsi oleh ikan dan mempermudah dalam proses fermentasi. 

Jika limbah sayuran sudah di potong potong kemudian campurkan dedak dan ampas tahu , lalu aduk semua bahan hingga tercampur rata dan diamkan sekitar 15 menit. 

Jika semua bahan tadi telah tercampur dan setelah 15 menit di diamkan  lalu semprotkan cairan yang terdiri dari larutan gula dan SOC , semprotkan sedikit saja atau secukup nya, lalu taburkan garam yang beryodium secukup nya, lalu aduk hingga rata

Setelah di aduk dan tercampur rata masukkan pakan fermentasi untuk ikan ke dalam plastic besar dan kedap udara, diamkan selama 3 jam jangan biarkan plastik tertutup lebih dari 3 jam 

Pakan fermentasi akan berhasil tentunya dengan bantuan produk SOC-HCS , sifat SOC ini sangat penting dalam proses fermentasi yang akan di lakukan untuk pakan ikan.

SOC-HCS ( Suplement Organik Cair ) Obat Fermentasi Pakan Ikan Yang Alami

 
https://obatfermentasipakanikan.blogspot.com/

SOC-HCS produk untuk peternakan membantu dalam pembuatan pakan fermentasi, di ikan yang anda budidayakan ini mengkonsumsi SOC HCS maka beberapa di bawah ini khasiat atau manfaat nya :
  • Dapat membantu menghilangkan bau tak sedap pada air kolam
  • Lebih hemat biaya perawatan nya
  • Bobot ikan bisa lebih berat dan harga jual nya yang tinggi
  • Tidak perlu mengganti air kola
  • Rasa ikan biasanya lebih gurih
  • Nilai gizi yang tinggi dan lebih rendah kolesterol nya
  • Dll
Untuk campuran SOC bisa dengan pemakaian SOC sebanyak 2 tutup botol saja dan dengan di campurkan air 1 liter dan tambahan campuran larutan gula.

Bagaimana cara mendapatkan produk SOC-HCS sebagai  Obat Fermentasi Pakan Ikan ?? Pesan sekarang juga melalui via sms dengan format seperti di bawah ini

 

 Ketik : Kode Produk ( INSOC ) # Jumlah Pesanan # Nama Lengkap # Alamat Lengkap # No.Hp/tlp

    kirim ke 0822 1453 8282 ( SMS/WA )

    Contoh Format Pemesanan 2 Botol


    INSOC 2 Botol : ANDI : Jl Taruma Negara no 16 Kec Bantarujeg Majalengka : 085223698xxx

    KIRIM KE 0822 1453 8282 ( SMS/WA )


    HARGA PRODUK PERBOTOL INSOC ( SOC-HCS )


    Harga : 120.000/ 1 botol

    Harga : 220.000 / 2 botol


     Ingat Kode Produk INSOC Harus Di Cantumkan di setiap sms pemesananya

 

3 comments:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete