Sunday, December 9, 2018

Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu

JANGAN SAMPAI SALAH – Inilah Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu yang bisa anda coba praktekan untuk peternakan lele yang anda jalankan. 

Tidak bisa dipungkiri jika peternakan lele membutuhkan pakan yang berkualitas yang tentunya membutuhkan biaya yang cukup mahal. 

https://obatfermentasipakanikan.blogspot.com/2018/11/cara-membuat-pakan-fermentasi-ikan-lele.html

Bahkan untuk pakan lele sendiri membutuhkan biaya 80 % dari biaya produksi karena hal ini maka berbagai cara terus di lakukan guna menghadirkan pakan alternatif untuk ikan lele yang hemat . 

Salah satu alternatif pakan lele yang bisa anda coba lakukan adalah menggunakan ampas tahu. Ampas tahu di pilih karena mengandung nilai gizi yang bagus untuk ikan lele. 

Ampas tahu juga di piliha karena harga nya yang cukup ekonomis , di dalam ampas tahu ini terdapat berbagai kandungan seperti energi, lemak, karbohidrat, fosfor , kalsium, zat besi, vitamin A , vitamin B1 dan juga vitamin C yang mna semua nya sangat penting untuk kesehatan dan juga pertumbuhan lele.

Ada berbagai cara untuk membuat pakan lele dari ampas tahu ini , bagi anda yang mau mencoba nya tidak ada salah nya. Berikut cara cara nya

Inilah Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu | BISA ANDA COBA

Pakan lele ampas tahu
Pembuatan pakan ikan lele dari ampas tahu ini bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam ampas tahu sehingga bisa di bentuk seperti pelet. 

Biasanya untuk proses nya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih selama 1 minggu yang mana ini di tambah juga dengan probiotk supaya lebih sehat dan meningkatkan imun lele sehingga tidak mudah terserang penyakit . 

Anda dapat menyiapkan 5 kg ampas tahu , 6 kg bekatul, 4 kg tepung jagung, 1,5 kg tepung ikan , 20 butir minyak ikan , 2 bungkus suplemen vitamin dan air bersih, campurkan semua bahan hingga membentuk adonan kue sehingga mudah untuk di cetak , lalu diamkan selama 5 hingga 7 hari untuk proses fermentasi , keringkan adonan yang sudah di cetak lalu di jemur kering supaya tidak berjamur dan tahan lama dan pelet ikan lele ini siap untuk di gunakan. 

Penggunaan ampas tahu juga bisa di tambahkan dengan bahan bahan yang lain nya diantara nya :

·         Ampas tahu campuran 

Ampas tahu juga dapat di tambahkan dengan beberapa bahan yang lain nya seperti siapkan 25 kg ampas tahu, 25 kg dedak halus, 5 kg tepung ikan, 5 liter tetes tebu atau molases, 1000 ml cairan fermentasi dan 10 sendok makan ragi tempe. 

Campur semua bahan hingga rata lalu masukkan dalam drum yang di beri lubang udara yang memakai selang untuk mengalirkan udara atau gas

Tutup bagian ujung nya jangan terlalu rapat, supaya oksigen masih dapat masuk , diamkan selama 4 hingga 5 hari untuk proses fermentasi , dan jenis pakan ini siap untuk di gunakan.

·         Ampas tahu dan campuran tepung
Harus anda ketahui jika ada beberapa jenis tepung kedelai, tepung ikan dan tepung jagung yang mana sangat baik untuk di campur dengan ampas tahu yang mana nanti nya bisa di pakai sebagai pakan alternatif ikan lele

Siapkan 25 kg ampas tahu, 30 kg tepung ikan , 30 kg tepung kedelai, 40 kg tepung jagung , ikan asin secukup nya , daun pepaya segar dan juga ragi tempe. 

Campurkan semua tepung dan ampas tahu hingga rata lalu tambahkan air sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan yang kalis, tutup wada dan diamkan selama kurang lebih 12 jam , campur adonan tersebut dengan ikan asin dan daun pepaya yang sudah di haluskan dan di cetak memakai mesin pelet, lalu jemur hingga kering dan ini bisa di berikan sebagai pakan ikan lele. 

https://obatfermentasipakanikan.blogspot.com/2018/11/cara-membuat-pakan-fermentasi-ikan-lele.html

·        Ampas tahu dan ikan rucah
Ampas tahu juga bisa di campur dengan ikan, jenis ikan yang biasanya di gunakan adalah ikan rucah yang mana jenis ikan ini adalah ikan kecil tangkapan yang tidak layak untuk di konsumsi manusia, tapi baik di jadikan pakan lele. 

Sebelum di gunakan , ikan rucah ini sebaik nya di cuci hingga bersih lalu di cincang supaya lebih lunak dan mudah untuk di makan oleh lele . 

Cara Membuat Pakan Lele Dari Ampas Tahu - Siapkan 25 kg ampas tahu lalu peras hingg 60 % kandungan air dalam ampas tahu bisa hilang , tambahkan dengan cacahan ikan rucah, probiotik , tepung ikan danjuga tepung jagung secukup nya hingga menjadi adonan kalis seperti kue. 

Lalu bentuk dengan alat membuat pelet dan di jemur di bawah matahari hingga kering , pakan ikan lele alternatif ini sudah bisa di gunakan.

·         Ampas tahu dan limbah peternakan unggas
Peternakan unggas umum nya menghasilkan limbah yang di gunakan kembali sebagai pakan tambahan ikan lele dan cocok di kombinasikan dengan ampas tahu.

Limbah peternakan unggas yang sudah mati bisa menekan pengeluaran pakan lele karena biasanya di jual dengan harga murah , limbah peternakan yang di gunakan adalah unggas yang baru saja mati tidak melebihi dari 12 jam , yang mana di rebus terlebih dahulu sebelum di campur dengan ampas tahu. 

Jika bangkai tadi telah di rebus maka bersihkan bulu bulu yang ada di unggas lalu di haluskan dan di campur dengan ampas tahu , setelah itu tambahkan dengan tepung jagung secukup nya dan di bentuk menyerupai pelet dan di jemur hingga kering . jika sudah kering pakan bisa di berikan ke lele.

 IKLAN >>PRODUK SOC UNTUK IKAN LELE OBAT FERMENTASI IKAN YANG ALAMI

https://obatfermentasipakanikan.blogspot.com/

KLIK GAMBAR UNTUK INFORMASI LEBIH LENGKAP

Artikel lain nya :

No comments:

Post a Comment