Thursday, February 21, 2019

Cara Membuat Pakan Lele Dari Singkong | TIPS DAN TRIK

INILAH YANG TEPAT Cara Membuat Pakan Lele Dari Singkong , yang dapat menjadi alternatif untuk pakan lele dan bernilai gizi tinggi. 

Di jaman sekarang budidaya ikan menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan karena jumlah permintaan dari  para konsumen yang kian hari kian meningkat.

https://obatfermentasipakanikan.blogspot.com/2019/02/cara-membuat-pakan-lele-dari-singkong.html

Untuk menghasilkan ikan sehat dan layak di konsumsi tentunya dalam proses peternakan ikan nya harus di jalankan dengan baik dan benar. 

Seperti unsur pakan nya yang tentunya harus di perhatikan dan sebaiknya sebisa mungkin memberikan ikan dengan pakan terbaik dan memenuhi gizi seimbang. 

Dengan para peternak memperhatikan asupan gizi pada ternak nya maka hal itu akan menjadi penentu kualitas ikan di masa panen. Tentunya ada abanyak sumber gizi yang dapat di berikan salah satu contoh nya fermentasi singkong. 

Harus anda ketahui jika ternyata fermentasi singkong ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk ikan sehingga dapat menjadi makanan tambahan yang bergizi

Tertarik dan ingin mencoba memberikan ikan yang anda ternakan dengan pakan fermentasi singkong , tidak ada salahnya jika anda mencoba nya.

Inilah cara membuat fermentasi singkong untuk pakan ikan


 Menentukan singkong
Tentunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan singkon terlebih dahulu , singkong yang kurang baik akan memberikan hasil yang tidak maksimal pada tape. 

Carulah singkong yang berkualitas , ukuran atau berat nya cukup , tdak cacat atau istilah nya tidak boleng. 

Singkong bersihkan
Jika sudah dapat singkong yang bagus tentunya langkah selanjutnya adalah dengan pembersihan , langkah pembersihan meliputi :

  • Pengupasan , singkong yang sudah di siapkan jangan lupa di kupas terlebih dahulu , pastikan saat mengupas nya dengan bersih jangan ada kulit singkong yang tersisa sedikitpun. 
  • Pencucian, jika sudah di kupas lalu singkong tersebut di cuci , pencucian ini haruslah benar benar bersih , siapkan wadah bersih yang mencukupi untuk kapasitas singkong yang akan di fermentasi.
Saat mencuci singkong sebaiknya menggunakan air yang mengalir dan pencucian harus di ulang minimal 3 kali dan maksimal nya 5 kali karena singkong yang masih sedikit kotor akan berpengaruh pada hasil fermentasi. 

Potong potong singkong , tahap selanjutnya yaitu dengan memotong motong singkong dengan ukuran yang jangan terlalu kecil minimal 3 cm sudah cukup hal ini akan mempermudah pakan nantinya karena jika terlalu kecil akan sulit dalam proses penyebaran na dan jika terlalu besar maka ikan enggan untuk memakan nya.

Pengukusan
Singkong yang sudah rapih di potong potong selanjutnya di kukus terlebih dahulu dengan api yang besar akan mempercepat proses kematangan singkong. 

Jika kapasitas singkong terlalu banyak sebaiknya di kurangi isi dalam nya , isi panci sesuai dengan kapasitasnya saja sehingga matang secara merata.

Pendinginan
Tahap selanjutnya adalah di lakukan pendinginan terlebih dahulu sebelum proses peragian karena singkong yang panas akan mempengaruhi hasil nantinya

Peragian
Setelah singkong benar benar dingin , maka proses peragian dapat di lakukan, siapkan ragi , lalu taburi singkong dengan ragi. Ragi ini di gunakan untuk membuat singkong kukus menjadi fermentasi. Jika ragi nya berbentuk bulat anda bisa menumbuknya terlebih dahulu.

Proses penutupan
Carilah wadah atau kuali yang terbuat dari tanah liat lebih tepat kuali anda dapat membelinya dengan tutup nya, masukan singkong yang sudah di ragi ke dalam kuali sebelum di tutup dengan tutup aslinya anda dapat memberikan dedaunan pisang di atas nya hingga benar benar tidak ada celah nya lalu tutup dengan penutup kuali. 

Masa fermentasi
Di butuhkan waktu kurang lebih selama tiga hari , tiga hari tersebut singkong mengalami pengasaman atau masa fermentasi. Akan tetapi proses fermentasi dapat lebih cepat dua hari saja biasanya sudah tercium bau tape. 

Itulah cara membuat pakan fermentasi ikan dari bahan singkong yang tentunya sangat mudah untuk di aplikasikan nya. 

MAU PAKAN YANG LEBIH BERKUALITAS LAGI UNTUK IKAN LELE YANG ANDA MILIKI ?

Tahukah anda bahwa kini di dunia peternakan khusus ikan telah mengalami kemajuan salah satunya dalam hal pakan, kini banyak para peternakan ikan lele yang memberikan jenis pakan fermentasi.

Kelebihan Pakan fermentasi untuk ikan 

  • Memiliki kandungan protein yang tinggi
  • Dapat mengurangi tingkat kematian bibit ikan lele
  •  Harga yang lebih murah
  • Dapat mengurangi pencermaran lingkungan akibat dari usahan pembuatan tahu
  •  Dll
SOC-HCS OBAT FERMENTASI PAKAN IKAN TERBAIK LEBIH PRAKTIS  

https://obatfermentasipakanikan.blogspot.com/2018/11/obat-fermentasi-pakan-ikan-yang-alami.html

INFORMASI LEBIH LENGKAP CARA PENGAPLIKASIAN DAN PEMESANAN PRODUK BISA KLIK GAMBAR 

2 comments:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete
  2. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete